Random Post

Pages

Belajar Menggunakan WordPress Untuk Pemula

Belajar Menggunakan WordPress Untuk Pemula - Belajar WordPress adalah bagaimana kita mempelajari cara membuat website atau blog menggunakan wordpress. Mengapa kita perlu mengetahui bagaimana cara membuat blog menggunakan platform wordpress. Karena pada umumnya membuat sebuah website menggunakan wordpress dapat memudahkan kita membangun sebuah website dengan tampilan sesuai dengan keinginan kita. CMS WordPress sendiri memberikan kebebasan kepada para pemakainya untuk mengembangkan setiap template atau themes sesuai dengan web desain masing-masing.


Namun sebelum melangkah lebih jauh mengenai mendesain sebuah website berbasis wordpress, ada baiknya kamu membaca artikel terdahulu mengenai tutorial wordpress bagi pemula. Hal yang harus kamu ketahui ketika ingin memulai mempelajari wordpress adalah bagian dimana kamu harus belajar cara instal wordpress di localhost terlebih dahulu. Hal ini penting karena tutorial tersebut adalah dasar bagi kamu untuk mempelajari wordpress secara keseluruhan.
Seperti yang kita ketahui wordpress adalah sebuah CMS yang dibuat untuk memudahkan seseorang membangun sebuah atau membuat website yang powerfull. Baik dari sisi desain maupun dari core enginenya. WordPress sendiri memiliki basis bahasa program menggunakan bahasa php sebagai core enginenya, sedangkan untuk mengatur tampilan atau layout desain wordpress menggunakan style css sebagai basisnya.

Belajar WordPress bagi pemula membutuhkan beberapa persiapan, yaitu

  • Hosting  apakah itu gratis atau berbayar sama saja
  • Domain atau subdomain tempat dimana kita akan melakukan instalasi wordpress
  • Aplikasi CMS wordpress yang bisa kita dapatkan melalui website resmi wordpress
  • Themes WordPress ini juga bisa didapat dari website resmi wordpress
  • Plugins
WordPress setelah terbentuk menjadi sebuah website, akan memiliki 2 tampilan, tampilan homepage yang dapat diakses oleh para pengguna internet, serta tampilan dashboard administartor tempat dimana kita sebagai admin mengatur semua operasional website kita, dari mulai mengisi artikel, mengganti themes, memasukkan plugins, upload gambar dan video dan beberapa fungsi wordpress lainnya.

Belajar wordpress dengan  mengenal fitur-fitur wordpress

Post Section
Kursus membuat website Terbaik - Dalam post section terdapat beberapa sub section yaitu :
  • All post - Al post berfungsi untuk memudahkan kita melihat seluruh isi post yang ada pada website wordpress kita
  • Add-New  - Fungsi ini untuk menambahkan post baru
  • Categories – Berguna untuk melihat seluruh kategori sekaligus menambahkan kategori baru pada website wordpress.
  • Tags –  Tempat seluruh tags yang kita tambahkan di artikel kita.
Media Section
Media ini berguna untuk kita melihat semua gambar yang ada pada website wordpress kita, melalui media ini kita juga dapat mengedit, menambahkan dan menghapus gambar pada wordpress.
Pages Section
Pages hampir sama dengan post, hanya bedanya page tidak memiliki struktur kategori seperti pada post. Penggunaan Page biasanya lebih ditujukan pada halaman khusus seperti menampilkan sitemap, about us, privacy police dan lain-lain.
Comments Section
Sesuai dengan namanya comment atau komentar, dimana semua komentar beserta pengaturannya dapat kita lakukan melalui bagian ini
Appearaance
Appearance tempat dimana kita meletakkan themes atau template sebagai tampilan website wordpress kita. bagian ini tempat bagaimana melakukan edit pada themes, merubah template hingga mendownload templates dari website resmi wordpress.org
Plugins
Bagian ini tempat dimana pengaturan semua plugins dilakukan, plugins sendiri adalah modul yang dapat mendukung website wordpress kita sesuai dengan fungsi plugins masing-masing. Di bagian ini juga kita dapat menambahkan plugins, mendelete plugins serta mendownload plugins dari website resmi wordpress.
Users
Bagian ini berfungsi untuk melihat user website wordpress, serta mengatur tingkatan hak dan wewenang user yang login ke website kita. Termasuk didalamnya untuk  merubah password wordpress dapat dilakukan melalui bagian ini. Para pemula yang baru memulai belajar wordpress harus juga mengetahui fungsi ini, karena penting untuk keamanan websitenya.
Tools
Bagian tools ini sangat jarang sekali dipakai. Namun pada saat tertentu seperti jika kita ingin melakukan import atau export isi website kita ke website lain, maka bagian inilah yang akan digunakan.
Settings
Saat belajar wordpress bagian ini harus benar-benar dikuasai, karena pada bagian inilah kita mengatur semua fungsi operasional website kita. Dan hampir sebagian besar plugins yang di instal di website kita, pengaturan dan setting pluing melalui bagian ini. Kursus web desain Terbaik

Mobil Merah

Mobilku Terima kasih telah membaca artikel tentang Belajar Menggunakan WordPress Untuk Pemula. Semoga bermanfaat

:: Get this widget ! :: Kursus Komputer Murah Terbaik Di Jakarta

0 comments:

Posting Komentar

 

Blogroll

Connect

About